Kenapa Kertas Menguning?

Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan, “Kenapa ya kertas komik/novel lama-kelamaan koq jadi kuning warnanya?”

Jawaban yang paling simpel adalah “karena kena udara”. Betul.. tapi apa yang menyebabkan kertas jadi kuning? Nyari-nyari artikel yang bahasa Indonesia koq ga ada yang menjelaskan tentang ini. Akhirnya cari deh artikel yang berbahasa Inggris dan.. ketemu!

Jawabannya adalah: “Lignin”!
Apaan tuh?

Begini.. Kertas khan asalnya terbuat dari kayu yang diolah (ga tau cara ngolahnya gimana..) dan akhirnya menjadi kertas. Nah, di dalam kayu ini ada kandungan yang bernama ‘Lignin’. Pohon menggunakan zat Lignin dan mencampurnya dengan selulosa untuk memperkeras kayu. Makanya pohon bisa berdiri tegak.. karena ada Lignin! Selain itu Lignin berguna untuk mempertahankan pohon dari hama dan kerusakan2 lainnya.

Para pengusaha kertas menggunakan keunggulan dari Lignin untuk kebutuhan tertentu, yaitu untuk membuat karton atau dus. Semakin banyak zat Lignin dalam kertas, kertas tersebut akan semakin kaku dan warnanya semakin coklat.

Untuk membuat kertas yang putih, pabrik kertas merendam kayu dalam cairan kimia agar dapat memisahkan Selulosa kayu dan Lignin. Selulosa murni berwarna putih, dan kertas yang berasal dari selulosa murni akan berwarna putih dan tidak akan menguning.

Kertas jadi menguning disbabkan karena Lignin mengalami proses oksidasi. Setelah Molekul Lignin terkena udara dan cahaya, ia akan berubah dan menjadi tidak stabil dan akhirnya mengubah kertas menjadi kuning.

Oleh sebab itu agar Komik dan Novel Anda ingin awet, jauhkan buku dari sinar matahari langsung dan udara.
Bagaimana caranya supaya buku tidak terkena udara? Bungkus dengan plastik!
Buku yang telah Anda baca dengan seksama, tidak akan dibaca lagi dalam jangka waktu lama khan? Nah, buku tersebut wajib dibungkus plastik agar tidak menguning.

Nah.. mudah-mudahan penjelasan ini bisa membuat Anda semakin mengerti dan bisa menjelaskan kepada teman-teman yang lainnya.

Cheers!

26 Responses to Kenapa Kertas Menguning?

  1. Arsenius says:

    Informasi yg bermanfaat sekali sis..
    Tambahin lagi donk informasi2 seputar komik & novelnya, biar makin yahood!

  2. amelia68 says:

    Duuuh, pinter banget sih authornya😀
    makasih banyak yaa pengetahuan dan rekomendasinyaa😀
    Mau langsung ngebungkus komik pakai plastik nih

    • jualankomik says:

      siippp…iya sist biar makin awet bukunya…

      • Anggita says:

        Sedih novel kesayangan yang udah dirawat disampulin masih terlihat rapi dan kaya baru jadi menguning karena dipinjam temen 😢😢 pulang2 kertasnya pinggirannya kuning. Kalau sudah menguning begini lama kelamaan kuningnya makin banyak ga?? Apa hanya disitu2 aja? Terus kalau misalkan sekrang saya simpan di meja biasa di dalam kamar kira2 berpengaruh untuk semakin kuning ga ya?

  3. amelia68 says:

    iyaaa, makasih yaa😀

  4. es kampiun says:

    ooo,… bgtu tnyata,… makasih atas infonya,.

  5. Bare22 says:

    agak repot ya kalo di bungkus2 gitu. terus gimana kalo sudah terlanjur menguning. sedih liat novel2 kesayangan jadi buluk gitu😦

  6. Falgar March says:

    makasih penjelasannya gan (y)
    tpi dibungkus dgn plastik itu maksudnya disampul atau dimasukin ke kantong plastik? mohon penjelasannya, walaupun komik ane blum ada yg menguning tpi gpp kan buat antisipasi
    komiknya ane taro di laci lemari

  7. finuraaa says:

    Terimakasih banyak info nya. Sudah lama pengen tau cara biar novel dan komik2 ga jadi kuning🙂

  8. terima kasih atas informasinya. Saya memiliki banyak buku yang telah menguning dan saya tidak tahu cara untuk mengantisipasinya. Mungkin cara di atas bisa saya terapkan untuk buku saya yang lain. terima kasih.

  9. Mau tanya apakah ada plastik khusus buat mbungkus buku untuk perawatan yang disarankan?

    • jualankomik says:

      Untuk plastik khusus ngga ada… Bisa pk plastik biasa yg bening

      • adiba qonita zahroh says:

        Kalau novel / komik nya sudah disampul plastik, apakah nnt klo kita membungkusnya dengan plastik agar tdk terkena udara malah bisa bikin sampulnya jamuran?

  10. Shafira says:

    Swan nya masih ada?

  11. adiba qonita zahroh says:

    Kalau novel / komik nya sudah disampul plastik, apakah nnt klo kita membungkusnya dengan plastik agar tdk terkena udara malah bisa bikin sampulnya jamuran?

  12. andyka says:

    dibungkus itu disampul kan?

  13. Anggita says:

    Sedih novel kesayangan yang udah dirawat disampulin rapi kaya masih baru eh menguning gara2 dipinjem temen 😢😢😢😢😢 kalo udab menguning gini lama kelamaan kuningnya makin banyak ga ya? Kalo misalkan di simpan di kamar hanya taro di atas meja itu ntr berpengaruh gak ya?

  14. anggikara says:

    Sedih novel kesayangab yang udah di bungkus sampulnya rapi dijaga banget malahan kaya masih baru, sekarang pinggiran kertasnya menguning gara2 dipinjam temen 😢😢😢😢😢. Kira2 kalo udah menguning gitu lama kelamaan bakal menguning lebih banyak ga? Trus kalo misalkan sekarang aku simpen di atas meja atau di sela kosong meja di kamar bakal berpengaruh gak jadi tambah menguning? Sedih rasanya lihat kesayangan jadi kaya bernilai rendah padahal harganya cukup mahal, niat pgn beli yg baru biar kaya awal bagus di rak novel tp harganya…. reply yaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s